engelbert-humperdinck

Engelbert Humperdinck

Engelbert Humperdinck terlahir dengan nama  Arnold George Dorsey tanggal 2 Mei 1936 adalah seorang penyanyi pop Inggris.  Single Release Me dan The Last Waltz keduanya berada di puncak tangga lagu musik Inggris pada tahun 1967, dan terjual lebih dari satu juta keping. Di Amerika Utara, dia juga berhasil mencatat kesuksesan dengan After the Lovin  (1976) dan This Moment in Time (1979). Dia telah menjual lebih dari 150 juta rekaman di seluruh dunia.

Arnold George Dorsey lahir di Madras, India pada tahun 1936, satu dari sepuluh anak-anak ke Angkatan Darat Inggris NCO Mervyn Dorsey, yang keturunan Welsh, dan istrinya Olive, yang berasal dari Jerman Keturunan . Keluarganya pindah ke Leicester, Inggris, saat dia berumur sepuluh tahun. Dia segera menunjukkan ketertarikan pada musik dan mulai belajar saksofon. Pada awal 1950-an, dia bermain saksofon di klub malam, tapi dia diyakini tidak pernah mencoba bernyanyi sampai usia tujuh belas tahun, saat teman-temannya membujuknya untuk memasuki sebuah kontes di pub. Kesannya pada Jerry Lewis mendorong teman-temannya untuk mulai memanggilnya “Gerry Dorsey”.

Karir musik Dorsey terganggu oleh layanan nasionalnya di British Army Royal Corps of Signals pada pertengahan tahun 1950an. Dia mendapat kesempatan pertamanya untuk merekam pada tahun 1958 dengan Decca Records setelah dia keluar. Single pertamanya “I’ll Never Fall in Love Again” tidak jadi hit, tapi Dorsey mencatat perusahaan yang sama hampir satu dekade kemudian dengan hasil yang sangat berbeda. Dia terus bekerja di klub malam sampai tahun 1961, saat dia terserang tuberkulosis. Dia mendapatkan kembali kesehatannya dan kembali ke pekerjaan di klub malam, namun dengan sedikit keberhasilan.  Dorsey menghabiskan awal 1960-an tinggal di sebuah rumah bersama Johnny “Sambuca” Todd di Jersey di mana dia mengasah bakatnya.

Th1965, Dorsey bekerja sama dengan Gordon Mills, mantan teman sekamarnya di daerah Bayswater di London, yang telah menjadi impresario musik dan manajer Tom Jones. Mills, menyadari bahwa Dorsey telah berjuang selama beberapa tahun untuk menjadi sukses di industri musik, menyarankan sebuah perubahan nama pada Engelbert Humperdinck , yang dipinjam dari komposer opera Jerman abad ke-19 seperti Hansel dan Gretel. Dorsey mengadopsi nama itu secara profesional tapi tidak legal. Mills mengatur kesepakatan baru untuknya dengan Decca Records, dan Dorsey telah tampil dengan nama ini sejak saat itu.

Humperdinck menikmati kesuksesan nyata pertamanya pada bulan Juli 1966 di Belgia, di mana dia dan empat lainnya mewakili Inggris dalam kontes lagu Knokke tahunan. Tiga bulan kemudian pada bulan Oktober 1966, dia berada di atas panggung di Mechelen. Dia membuat tanda di tangga lagu Belgia dengan “Dommage, Dommage”, dan sebuah video musik awal difilmkan bersamanya di pelabuhan Zeebrugge.

Pada pertengahan 1960-an, Humperdinck mengunjungi penulis lagu Jerman Bert Kaempfert di rumahnya di Spanyol dan ditawari pengaturan tiga lagu: “Spanish Eyes”; “Strangers in the night , Dan “Wonderland by Night”. Ia kembali ke Inggris di mana ia merekam ketiga lagu tersebut. Dia mengenali potensi “Strangers in the night” dan meminta manajer Gordon Mills apakah itu bisa dilepaskan sebagai single – namun permintaannya ditolak, karena lagu tersebut telah diminta oleh Frank Sinatra.

Pada awal 1967, lagu “Release Me” berhasil menduduki posisi sepuluh besar dan  nomor satu di Inggris, yang direkam dengan gaya balada, Release Me  telah terjual 85.000 kopi setiap hari pada puncak popularitasnya, dan ini adalah lagu yang paling dikenal selama bertahun tahun

Gaya santai Humperdinck dan penampilan yang bagus membuatnya mendapatkan banyak fans, terutama di kalangan wanita. Penggemar wanita hardcore-nya menyebut diri mereka “Humperdinckers”.  “Release Me” digantikan oleh dua balada yang lebih terkenal: “There Goes My Everything” dan “The Last Waltz”, membuatnya mendapatkan reputasi sebagai penyendiri.

Tahun 1968, single “A Man Without Love” mencapai nomor dua di UK Singles Chart dan lagu  Les Bicyclettes de Belsize, merupakan top 10 hit di Inggris dan mencapai puncak 40 di Amerika Serikat.
Selama enam bulan di tahun 1969-1970, Humperdinck memparodikan serial televisinya sendiri The Engelbert Humperdinck Show untuk ATV di Inggris, dan ABC di AS. Dalam variety show musikal ini, ia bergabung dengan beberapa tokoh paling populer dan legendaris yang kemudian aktif dalam hiburan, termasuk Paul Anka,  Shirley Bassey, Tony Bennett, Ray Charles,  Dusty Springfield, dll.

Pada tahun 1964, Humperdinck menikahi Patricia Healey.  Mereka memiliki empat anak. Selama bertahun-tahun, Humperdinck telah mempertahankan kehidupan keluarga yang kuat, bahkan saat keluarga tersebut berganti-ganti antara rumah di Inggris dan di California selatan. Dia dibesarkan dan tetap menjadi praktisi Katolik.

Humperdinck adalah pengusaha real estat yang sukses dan pengusaha. Dia berinvestasi di properti real estat utama di Hawaii, Meksiko dan Amerika Serikat.
Humperdinck tetap memiliki ikatan kuat dengan Leicestershire, di mana ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya. Pada bulan Agustus 2005, dia melelang salah satu motor Harley-Davidson-nya di eBay untuk mengumpulkan uang untuk County Air Ambulance di Leicestershire. Pada tahun 2006, University of Leicester memberikan Humperdinck dengan Doktor Kehormatan Musik. Pada tanggal 25 Februari 2009, Dewan Kota Leicester mengumumkan bahwa Humperdinck akan diberi Kehormatan Leicester bersama penulis Sue Townsend dan mantan pemain sepak bola profesional Alan Birchenall. Pada tahun 2010, Humperdinck adalah satu dari sembilan orang pertama yang merasa terhormat dengan sebuah plakat di Leicester Walk of Fame.