Puasa Ramadhan, Travelling? Why not, ini tips nya

islamic-cairo-01

Anda punya agenda jalan-jalan, plesir di suatu daerah yang sudah diimpikan? Sayangnya, rencana jalan-jalan itu masuk di bulan Ramadhan, bulan dimana puasa bagi sebagian traveller bisa jadi sebuah kendala. Sepertinya anda perlu berpikir ulang, karena ternyata ada kiat-kiat khusus menjalankan hobby sebagai seorang traveller di bulan Ramadhan :

1. Memilih Tempat Wisata

Travelling religi bisa menjadi pilihan untuk berlibur, selain berwisata juga sambil beribadah. Misalnya Umroh atau safari masjid ke masjid dari kota satu ke kota lain. Kita bisa mendapatkan suasana berbeda baik saat ngabuburit bahkan sahur, sensasi kuliner atau tradisi ciri khas masing-masing kota dalam menyambut atau mengisi ramadhan.

2. Sahur Menyehatkan

Ketika sahur konsumsi lah makanan yang bergizi, bernutrisi tinggi agar selalu fit saat travelling serta pilih makanan khas daerah/kota yang sesuai dengan selera anda.

3. Konsumsi Vitamin dan Air Putih maksimal

Jika cuaca kurang mendukung antisipasi untuk membawa dan konsumsi vitamin serta air putih paling tidak 2 liter sehari semalam, dengan perbandingan 2 gelas saat buka, 3 gelas saat malam & 3 gelas saat sahur dan jauhi minuman berat misalnya yang bersantan.

4. Bawa Alat Ibadah

Sholat 5 waktu terus jalan dong tanpa alasan apapun, dan demi kenyamanan dalam beribadah jangan lupa membawa alat ibadah sendiri, misal mukenah yang simpel dan mudah dilipat atau sarung juga sajadah kecil yang muat dalam tas. Pastikan tersedia agar ibadah tetap maksimal walau lagi berwisata

5. Bawa Uang dan Kelengkapan secukupnya

Jangan lupa untuk bawa uang secukupnya dan jangan sampai kekurangan, bila memang destinasinya dari satu kota ke kota lain, ada baiknya membawa kartu kredit atau ATM serta jaringan e-banking yang lancar agar sewaktu-waktu anda membutuhkan, dana sudah ready termasuk juga membawa perlengkapan secukupnya jangan berlebihan karena membawa barang berat justru akan mengganggu perjalanan, solusinya titipkan barang bawaaan di hotel/tempat menginap ketika wisata sedang berlangsung.

Bagaimana traveller? Sudah merasa cukup kiat-kiat khusus diatas? Yuuk, angkat ransel atau koper anda , mari kita berwisata sambil beribadah bersama.

By : Aning
3822886583

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *