pexels-photo-38196

Ini Perayaan Tahun Baru yang Unik di Dunia

Ada beberapa hal unik yang biasanya dilakukan. Lain ladang lain belalang…so begitu juga lain negara beda acara untuk merayakan malam pergantian tahun.
Tiap negara di seluruh dunia memiliki kebudayaan yang unik dan berbeda-beda sabagai suatu ciri khas. Moment pergantian tahun selalu di maknai sebagai peristiwa penting dalam berbagai budaya. Selalu ada perayaan atau ritual khusus untuk menyambut datangnya tahun baru.
Berikut ini 8 tradisi unik perayaan tahun baru oleh beberapa negara di dunia…..

1. Philipina

NewYearPhiliphineJINGGOY
Jika anda berniat merayakan malam pergantian tahun di Philipina jangan herann jika anda banyak menemui barang-barang yang berbentuk bulat seperti koin. Orang Philipina menganggap barang-barang yang berbentuk bulat sebagai tanda keberuntungan. Selain itu pada saat tahun baru mereka akan menyajikan kue-kue berbentuk bulat, mengenakan baju bermotif polkadot dan makan 12 jenis buah yang berbentuk bulat.

2.  Yunani

NewYearYunani
Negara yang berjuluk negri peradapan ini punya tradisi unik dimana perayaan tahun baru selalu bertepatan dengan Festifal St. Basil salah satu pendiri gereja  Yunani ortodoks. Pada hari itu orang Yunani menyiapkan hidangan khusus yang di beri nama   Vassilopiita atau kue St. Basil. Yang unik dari kue ini adalah karena didalamnya diberi satu keping koin emas. Menurut kepercayaan mereka bagi siapa yang mendapat kue berisi kepingan koine mas ini akan mendapat keberuntungan di tahun baru…wwoooww keren juga yahhh..

3. Jepang

NewYearJapan
Pada saat tahun baru, orang Jepang akan mengadakan pesta yang disebut bonenkai. Tujuannya untuk melupakan masalah dan kegagalan di tahun yang lalu dan merayakan tahun yang baru dengan semangat baru. Menurut orang Jepang, tahun baru merupakan momen yang penting dan menjadi simbol bagi pembaharuan. Tepat ketika tahun berganti, kuil-kuil Buddha akan membunyikan gong sebanyak 108 kali sebagai cara untuk menghalau 108 kelemahan manusia. Sementara anak-anak diberi angpao yang disebut otoshidama. Uniknya lagi, orang dengan kepercayaan tinggi di Kuil Jepang, akan memakai kostum yang melambangkan Shio untuk tahun mendatang.

4. Skotlandia

NewYearScothland
Orang Skotlandia juga punya tradisi unik yang disebut Hongmanay. Tradisi ini disebut The First-Footing ‘Kaki Pertama’. Maksudnya saat malam pergantian tahun, orang-orang Skotlandia akan saling mengunjungi para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru. Biasanya mereka juga membawa oleh-oleh berupa arang untuk perapian atau kue. Selain itu, mereka juga akan menyanyikan lagu klasik Skotlandia “For Auld Lang Syne”, kemudian melakukan parade yang disertai dengan mengayunkan tonggak atau tiang berapi yang dipercaya akan membawa keberuntungan.

5. Chili

NewYearChileTalca
Jika di beberapa negara mengunjungi pemakaman dilakukan pada malam Halloween atau di malam natal seperti di  Finlandia, maka hal ini berbeda dengan tradisi di Chili itu dilakukan di malam tahun baru. Tepatnya di Talca, sebuah kota kecil di Chile. Warga disana akan merayakan tahun baru bersama anggota keluarga yang telah meninggal. Mereka akan mendekorasi makam dengan berbagai hal seperti lilin dan akan mengelilingi makam. Menurut kepercayaan mereka bahwa keluarga yang telah meninggal akan menunggu dan memulai tahun baru bersama mereka di pemakaman.

6. Korea

NewYearKorea
Perayaan tahun baru di Korea juga tak kalah unik, warga Korea biasanya menyantap sup bening panas yang disebut Tteokguk. Makanan tradisional Korea ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Oleh sebab itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini wajib disantap sampai habis. Selain itu, warga Korea juga percaya bahwa menyantap sup ini akan membawa keberuntungan.

7. Kolombia

NewYearColumbia
Warga Kolombia juga memiliki banyak tradisi tahun baru yang unik. Di antara tradisi-tradisi itu, ada satu tradisi yang disebut ‘maleta vacía’ yakni orang-orang Kolombia akan membawa koper kosong dan berlari mengelilingi blok perkotaan. Menurut kepercayaan mereka, hal ini untuk membuat tahun yang akan datang penuh dengan perjalanan. Hahahahah unik juga ya. Mungkin kalo kita tak tau maka trasdisi ini akan dianggap sebagai acara mudik seperti di Indonesia.

8. Indonesia

NewYearIndo
Nah untuk Indonesia ada banyak cara yang sudah jadi treadisi untuk  merayakan malam pergantian tahun. Pandangan yang akan sering kita lihat adalah banyaknya pedagang terompet di pinggir jalan yang biasanya teromnpet ini akan ditiup bersama-sama menjelang detik-detik pergantian tahun.  Selain itu di jalan-jalan utama akan padat dengan iring-iringan konvoi kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sementara di beberapa pusat perbelanjaan akan melakukan discount besar-besaran di moment special pergantian tahun. Selain itu sebagai puncak penanda pergantian tahun tepat di pukul 00.00 serentak dinyalakan kembang api yang akan menambah semarak malam pergantian tahun.

Nah itu tadi 8 tradisi unik dari beberapa nega yang berhasil di himpun dari beberapa sumber ragam artikel unik , liputan6.com berbagai sumber.
So bagaimana rencana kalian untuk mengakhiri tahun 2017 menuju 2018? Apa sudah ada rencana negara mana yang akan kalian kunjungi….mungkin dari 7 negara diatas atau mungkin kalian ingin kunjungi negara lainnya…jangan lupa ya guys…kalian bisa berbagi informasinya……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *