al_quran

5 Sunnah

5 Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW., Demi Ramadhan yang Lebih Baik.

Bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat. Karena di bulan ini, semua amalan yang dilakukan pahalanya akan berkali lipat. Di bulan Ramadhan ini juga, semua umat Islam di dunia berlomba-lomba mengerjakan kebaikan.

Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. berikut beberapa amalan Sunnah di bulan Ramadhan seperti Sunnah Rasulullah SAW …

1. Mentaíkhirkan Sahur.

Sahur
“Para sahabat Muhammad SAW. adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya.” (HR. Al-Baihaqi dalam As Sunan Al-Kubra No. 7916. Al-Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf No. 9025)
Sahur dapat membantu dalam menjaga kondisi tubuh kita selama berpuasa agar tidak lemas.

2. Menyegerakan Berbuka Puasa.

Buka puasa
ìManusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.î (HR. al-Bukhari dan Muslim)
Apabila telah datang waktu berbuka puasa, hendaklah menyegerakan berbuka, karena didalamnya terdapat banyak kebaikan.

3. Tadarus Al-Quran.

al_quran
Bulan Ramadhan adalah bulan yang amat erat hubungannya dengan Al-Quran, karena saat itulah Al-Quran diturunkan. Oleh karena itu, membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan sangat utama.

4. Memberikan Makanan Berbuka Puasa.

bergbagi takjil
ìBarang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa ituî (Shohih Nasaíi dan Tirmidzi)
Amalan ibadah yang sangat mulia ini dapat dilakukan disekitar lingkungan kita sendiri, mulai dari tetangga hingga anak yatim piatu.

5. Zakat Fitrah.

Zakat fitrah
Zakat fitrah dikenali juga sebagai zakat badan, zakat puasa, zakat Ramadan, dan zakat Fitri karena masa untuk menyempurnakannya adalah pada akhir Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *