Bob Dylan

Bob Dylan Biografi

Bob Dylan Biografi

Penyanyi yang satu ini ditahbiskan sebagai sang Nabi oleh penggemar fanatiknya,tapi bicara tentang sosoknya Bob Dylan memang istimewa. Terlahir dengan nama Robert Allen Zimmerman di Duluth Minnesota AS tanggal 24 Mei 1941, ia dikenal sebagai penulis lagu, musikus, pemain film dan penyair amerika dan punya pengaruh yang luar biasa terhadap musik di amerika.

Dimulai sejak usia 6tahun ia belajar gitar dan harmonika kemudian membentuk group band rock n roll The Golden Chord ketika ia masih di bangku SMA, lalu mulai belajar seni di universitas Minnesota dan berawal dari kampus inilah ia menyanyikan lagu lagu rakyat di kedai kopi dengan menggunakan nama Bob Dylan ,dan nama terakhir itu diambil dari nama penyair Dylan Thomas.

Dylan mulai mendengarkan musik blues di kampus dan genre musik ini mulai jadi jalan bagi dunia musiknya . penampilannya saat bernyanyi dengan gitar dan harmonika membuat ia tampil beda dan punya ciri khas.  Dan pada januari tahun 1961 Dylan pindah ke New York dan langsung membuat komunitas rakyat berkesan, dan pihak Columbia Record kemudian bekerjasama pada musim gugur tahun 1961.

Selama tahun 1962 Dylan banyak menulis lagu yang  banyak diambil  dari kisah nyata, namun sang manager tidak setuju dengan beberapa lagu karyanya karena ingin menjadikan Dylan sebagai penyanyi akuistik yang ngefolk.  Dylan banyak mendaur ulang lagu lagu penyanyi lain dan yang paling signifikan adalah lagu Peter paul and mary “Blowin in the wind” yang menjadi hit pop di musim panas tahun 1963.

Dan lewat lagu itu pula Dylan mengenal Joan Baez dan terlibat hubungan asmara yang membuat Dylan makin sering merekam lagu lagunya dan menulis lagunya dengan cepat. Tapi kemudian hubungan itu kandas tahun 1964, Dylan menikah dengan Sarah Louds dan di tahun yang sama ia merekam lagu Mr Tambourine Man dan lewat lagu itu, Dylan seolah menemukan aliran musiknya yaitu, folk rock.

Tanggal 29 juli 1966 Dylan terluka dalam sebuah kecelakaan motor di NewYork mengalami cidera pada tulang leher dan gegar otak. Dylan dilaporkan kritis selama seminggu dan mengalami amnesia. Dari peristiwa kecelakaan tu, ia mengalami titik balik dalam hidupnya. Setelah kejadian itu Dylan menghilang dari rumahnya di wordstock bersama istrinya,dan setelah beberapa bulan ia kembali dengan group band Big Pink , dan dengan band baru itu Dylan membuat lagu lagu rakyat tradisional ,music country , dan blues.

Pada bulan november 1970 Dylan menerbitkan bukunya Tarantula dan ia tampil di concert for Bangladesh pada agustus 1971. Pada tahun 1972 Dylan memulai karir akting nya dengan bermain  sebagai Alias di Pat Garret dan Billy The Kid. Tahun 1974 Dylan kembali melakukan konser sampai pada akhir tahun 1978 Dylan mengumumkan bahwa dia adalah seorang kristen yang dilahirkan kembali, lalu mulai meluncurkan album kristiani pada musim panas berikutnya.
bob-dylan-newport-1965-billboard-1548
Tahun 1988 Dylan memulai apa yang dikenal dengan istilah Never ending Tour.dan itu terus berlangsung sampai tahun 90an Dylan kemudian mulai membagi waktunya antara konser,menulis,dan proyek studio dan kembali ke dunia rekaman tahun 1992.

Tahun 2001 Dylan merilis album Love and theft dan meraih penghargaan emas sekaligus ia mengumumkan bahwa ia telah membuat films sendiri.  Dan pada tahun 2003 sang legenda musik itu secara mengejutkan muncul dalam iklan pakaian dalam wanita ,dalam iklan terbaru Victoria’s secret, wajah Dylan yang sudah mulai keriput dan beruban tampil bersamaan dengan model cantik yang hanya mengenakan bra,celana dalam dan gelang berduri.

Dylan yang waktu itu berusia 62 th sempat menyumbangkan lagu Love Sick utk iklan berdurasi 15,30,60 detik. Lagu itu sendiri diambil dari album Time Out Of Mine yang berhasil menyabet gramy tahun 1997.  Dan penampilannya itu tentu sj menimbulkan pro dan kontra bagi penggemarnya, mulai dari penulis berita di NewYork sampai Chat room internet.

Bob Dylan adalah ikon abad ke 20 ia punya pengaruh hebat terhadap orang orang yang dibesarkan tahun 60,70 an. Sementara ketika ia ditahbiskan sebagai sang nabi, Dylan sempat menolak karena ia merasa lebih nyaman jika di posisikan sebagai seniman saja, karena yang ia punyai hanya lagu dan bukan khotbah. Lagu Like A Rolling Stone masuk dalam daftar lagu abadi.

Tanggal 29 mei 2012 presiden Barrack Obama memberikan sebuah Presidential Medal Of Freedom di gedung putih disitu Obama memuji karakter suara Dylan. Dylan adalah sosok yang memberi pengaruh luar biasa pada musik hingga satu hari musisi sekelas Bon Jovi pernah memberi saran pada paparazi yang terlalu sibuk memonitor kehidupan pribadi para pesohor dengan mengatakan.. lebih baik jika kalian (paparazi) memperhatikan bagaimana kehidupan Bob Dylan dan musiknya. Sebagai penulis lagu ia merintis beberapa sekolah dengan lagu lagu yang  berbeda dari lagu yang ada, sebagai vocalis dia mendobrak anggapan bahwa seorang penyanyi harus memiliki suara yang konvensional, dan sebagai musisi ia memicu genre musik pop termasuk folk rock dan country rock..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *