idulfitri web2

marhaban ya ramadhan 2017

idulfitri web

Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam selalu menunggu datangnya Idul Fitri. Perayaan yang terjadi setelah melaksanakan ibadah puasa ramadhan sebulan penuh. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai hari kemenangan setelah melewati proses menahan makan, minum&hawa nafsu.

Uniknya masing-masing negara mempunyai ciri khas untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Hal ini berkaitan erat dengan tradisi budaya setempat.

Contohnya :
•> Arab Saudi
Disebut-sebut sebagai kiblat peradaban Islam, justru di hari raya Idul Fitri banyak diadakan kegiatan kesenian seperti : Teater, Baca Puisi, Musik hingga Parade.

•> China
Penduduk muslim di negeri tirai bambu ini merayakan Idul Fitri dengan mengunjungi makam leluhurnya. Konon, untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas masa Dinasti King. Para Pria mengenakan jas khusus&kopiah putih sedangkan wanita memakai baju hangat serta kerudung setengah tertutup.

•> Turki
Jika di Indonesia ada istilah Lebaran untuk penyebutan lain dari hari raya Idul Fitri, Turki menyebutnya dengan Seker Bayram atau Festival Gula yang mana kaum muslim Turki akan mengantarkan manisan ke tetangga terdekat setelah sungkeman.

•> Australia
Meski bukan negara muslim, tetapi pemerintah tetap menetapkan hari raya Idul Fitri sebagai hari libur nasional. Pemerintah juga akan mengeluarkan aturan bahwa seluruh umat muslim di Australia berhak untuk menggunakan jalan umum untuk pelaksanaan sholat Ied.
(hmm…toleransi yang patut diacungi jempol)

•> Amerika
Amerika adalah negara yang paling majemuk masyarakatnya. Keunikan hari raya Idul Fitri yang terjadi bukan tentang makanan atau tradisinya melainkan pada penentuan waktu. Jika di Indonesia dilakukan sidang isbat untuk penetapan hari raya, maka di Amerika hal itu tidak terjadi.
Muslim Amerika akan mengkonfirmasi penetapan 1 Syawal lewat kerabat by email atau phone.

•> Malaysia
Negeri Jiran ini punya tradisi merayakan hari raya Idul Fitri yang tidak jauh beda dengan di Indonesia dari mulai hidangan khas makan ketupat, rendang, lemang dan setelah sholat Ied mereka ziarah ke makam kerabat.
Anak-anak akan memberi hormat pada orang tua sedangkan orang dewasa yang sudah berpenghasilan memberikan uang pada kerabat yang lebih muda.

Menurut anda, kira-kira di negara mana nih yang paling seru perayaan Idul fitrinya?

By : Arie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *