Battle_of_Surabaya

Film Animasi Anak Bangsa Meraih Penghargaan Terbaik Di Milan

Battle-of-Surabaya-Sinopsis

Sineas muda Indonesia kembali menorehkan prestasi di ajang internasional. Battle of Surabaya dinobatkan sebagai film animasi terbaik di Milan International Film maker Festival 2017. Film tersebut berhasil unggul atas enam nominator lainnya dari berbagai negara.
Dalam kesempatan tersebut, pihak produser film Battle of Surabaya, MSV Pictures, yang berhalangan hadir, diwakili oleh Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Italia untuk menerima piala.
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, menyatakan bahwa kemenangan ini merupakan pengakuan atas keunggulan kemampuan anak bangsa di bidang film animasi, sekaligus mencerminkan kemajuan industri kreatif Indonesia.

“Kembali terpilihnya Battle of Surabaya sebagai film animasi terbaik di kancah perfilman internasional membuktikan bahwa Indonesia pantas diperhitungkan sebagai animator kelas dunia,” kata Esti.

Ketua PPI Italia, Bashofi, yang mewakili MSV Pictures menerima penghargaan itu menyatakan turut berbangga dengan pencapaian tersebut.
“Ajang Milan International Filmmaker Festival 2017 dilaksanakan sejak 25 November hingga 2 Desember 2017 dan dihadiri oleh para pembuat film bertalenta tinggi dari seluruh dunia. Dalam kesempatan dimaksud, saya menjadi saksi tingginya apresiasi terhadap film Battle of Surabaya yang disutradarai Aryanto Yuniawan tersebut,” ujarnya.

Bashofi menambahkan, “Hal ini membanggakan dan semakin mendorong semangat kita sebagai generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi.”

Milan International Filmmaker Festival merupakan bagian dari The Film Festival International, sebuah rangkaian festival film bergengsi di lima kota Eropa. Kota-kota tersebut adalah London, Nice, Madrid, Amsterdam dan Milan. Tidak hanya berkutat dalam kompetisi sinema terbaik, festival film ini juga menjadi ajang temu bisnis pelaku industri film dunia.
Film Battle of Surabaya mengambil latar belakang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Animasi tersebut dikerjakan oleh mayoritas kreator muda asli Indonesia. Selain memenangkan berbagai penghargaan, film ini juga dilirik oleh Walt Disney Pictures yang kemudian membantu distribusi global.

“Dengan kemenangan Battle of Surabaya ini, animator Indonesia diharapkan semakin mampu meraih pasar film animasi global,” tulis penutup dalam siaran pers tersebut.

Dalam sebuah sesi wawancara Sutradara film Battle of Surabaya, Aryanto Yuniawan mengambil latar Pertempuran Surabaya mulai dari insiden Hotel Yamato hingga meletusnya perang pada 10 November 1945. Tokoh utama fiksi Musa  pun dipilih agar penonton muda tidak merasa digurui saat menonton film tersebut. Film bergaya kartun Jepang ini memang menyasar penonton remaja.

Hingga kini, Battle of Surabaya sudah mengantongi 15 penghargaan di tingkat nasional maupun internasional. Tayang di layar lebar sejak 2015 lalu, film animasi ini semuanya dikerjakan oleh animator lokal.

sinopsis

Film ini mendapatkan penghargaan Winner Gold Remi Award, 49th WorldFest-Houston 2016 (Texas, USA), Best Animation or Animated Sequence Nice International Filmmaker Festival 2017 (Nice, Prancis), Winner The 20th Seoul International Cartoon and Animation Festival (Seoul, South Korea).
Best Feature Animation Movie Dalam International Film Festival 2016 di India (Noida, India), Winner People’s Choice Award, International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013 (California, USA), Nomination Best Foreign Animation Trailer, The 15th Annual Golden Trailer Award 2014 (Hollywood, USA).

Official Selection in Dingle International Film Festival 2016 di Irlandia (Dublin, Ireland), Official Selection in Holland Animation Film Festival 2016 (Utrecht, Holland), Official Selection in The 11th Athens Animfest 2016 (Athens, Greek), Official Selection in Fantoche International Animation Film Festival 2016 (Baden, Switzerland).

Winner INAICTA 2012 kategori Film Animasi oleh Kementerian Kominfo RI, 1st Winner INDIGO FELLOWSHIP 2012 oleh Telkom Indonesia, Nominasi Terunggul kategori Film Animasi ajang Apresiasi Film Indonesia (AFI) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Special Screening New Chitose Airport International Animation Festival Office Japan, Official Selection in Berlin International Film Festival 2017 (Berlin, Germany).
SHNet,Jakarta…

 

CpDU3Z_10435832_284634768397132_460979416743348820_n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *