eric

Eric Clapton Biografi

Terlahir dengan nama Eric Patrick Clapton tanggal 30 maret 1945,putra pasangan Patricia Molly Clapton dan Edward Walter Fryer. Ayahnya seorang tentara kanada yang ditugaskan di inggris,setelah perang dunia ke 2 selesai ayahnya kembali ke kanada dan meninggalkan ibunya yang sedang hamil dimana waktu itu usianya baru 16th.

Akhirnya Eric Clapton dibesarkan oleh kakek neneknya dan menganggap Patricia sebagai kakaknya.. Patricia kemudian pindah ke jerman mengikuti suaminya. Ketika usia Clapton  9th Patricia menjenguknya dengan membawa saudara tiri Clapton, disitulah ia tahu siapa ibu kandungnya dan hal itu mengubahnya menjadi anak yang pemurung.

Eric Clapton tertarik pada gitar saat usianya 13 th dan belajar untuk memainkannya. Dan saat usia 17 th,ia mulai menggunakan gitar listrik karena tertarik dengan lagu lagu blues yang di mainkan oleh Fredy King, BB King ,Mudy Watters.

Tahun 1963 Clapton mulai bergabung dengan Band pertamanya  “The Roosters” lalu ia pun mulai bergabung dengan banyak Band lain. Tahun 1970 Clapton kecanduan alkoholdan obat obatan terlarang  dan tiga tahun kemudian ia bangkit lagi berkat campur tangan temannya Petc Townsend dari kelompok The Who dan sejak saat itu karirnya mulai menanjak.

Eric Clapton mengeluarkan album unplugged tahun 1992  kemudian kemabli ke aliran blues lewat album The Cradle tahun 1994 , Riding with the king tahun 2000.

Tentang 2 buah lagu yang berhasil mendapatkan Gramy yaitu Tears in Heaven dan My Father’s Eyes di tahun 1992  lagu itu berhubungan dengan kematian anak lelakinya Connor yang terjatuh dari jendela apartement ibunya ..Lori Del Santo seorang model asal italia di gedung tinggi Manhattan New York tahun 1991.

Tetapi Clapton mengaku tak lagi bisa menyanyikan lagu itu, karena ia tak lagi merasakan kesedihan yang sama seperti saat menciptakan lagu itu.

Selain itu ia juga berusaha menyelamatkan sebuah toko baju dari kebangkrutan .                                                                           Cording’s sebuah toko di Pidically london menjual baju laki laki untuk olah raga dan Clapton membeli sahamnya pada desember 2003, Cording’s sendiri berdiri tahun 1839 dan Clapton membeli sahamnya dengan lasan sederhana supaya dia tetap bisa belanja disana.

Kini Eric Clapton hidup dengan istrinya Melia dan 3 anak mereka dan setelah sembuh dari kecanduan alkohol Eric turut mendirikan sebuah lembaga rehabilitasi bagi pecandu obat obatan terlarang yang miskin.  Tahun 1999 ia melelang 1000 gitarnya untuk mengumpulkan dana bagi keperluan lembaga itu dan berhasil terkumpul 5 juta USD.

Eric Clapton, penyanyi, pencipta lagu dan termasuk salah satu gitaris terbaik dunia.

Eric Clapton final

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *