Understanding-Bipolar-Disorder-540x280

Mengenal Penyakit Bipolar Disorder

Picture1

Melihat kejadian yang di alami oleh Artis Marshanda belakangan ini yang sangat susah untuk bertemu dengan anaknya di karenakan hak asuh jatuh pada mantan suami Ben kasyafani karena dirinya mengidap penyakit bipolar atau mental illness, marshanda yang curhat di Instagram pribadinya membuat kita mencari tahu tentang Apakah bipolar itu??
Bipolar disorder atau yang juga dikenal sebagai gangguan bipolar adalah suatu kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood secara ekstrem. Hal ini dengan mudah membuat orang yang memiliki gangguan bipolar dapat memiliki perasaan yang berubah secara tiba-tiba dari sangat bahagia berlebihan hingga menjadi sangat sedih hingga depresi. Sering kali, di antara perubahan keduanya, pasien tetap mengalami kondisi mood yang normal.
Saat pasien merasa sangat sedih, ia akan merasa tertekan, kehilangan harapan, dan bahkan dapat kehilangan keinginan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi saat merasa sangat senang, pasien akan merasa sangat bersemangat dan penuh gairah. Perubahan mood tersebut dapat terjadi beberapa kali dalam setahun, atau bahkan seminggu dalam kasus yang lebih parah. Kondisi jiwa ini dapat menyebabkan rusaknya hubungan pribadi, rendahnya motivasi dan produktivitas di tempat kerja, dan yang lebih buruk lagi dapat menyebabkan perasaan ingin melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, orang-orang dengan bipolar disorder sangat disarankan untuk menghubungi bantuan medis saat mengalami perubahan mood yang signifikan.

Bipolar-disorder-1-1024x512
Apa saja tanda-tanda dan gejala gangguan bipolar?
–  Merasa terlalu bahagia dan bersemangat.
–  Sangat sensitif dan mudah tersinggung.
–  Bersikap gegabah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berisiko.
–  Berbicara dengan sangat cepat dan mengubah topik pembicaraan dari satu topik ke yang lainnya.
–  Merasa sangat bersedih dan kehilangan harapan pada jangka waktu yang panjang.
–  Kehilangan ketertarikan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
–  Makan lebih sedikit.
–  Merasa ngantuk dan malas.

treatment-of-Bipolar-Disorder
Apa penyebab gangguan bipolar?
Sampai tulisan ini dimuat, masih belum teridentifikasi secara jelas apa penyebab spesifik dari kondisi jiwa bipolar disorder, tetapi ada beberapa faktor yang telah diketahui dapat menimbulkan gejala bipolar disorder adalah:
•    Kondisi otak. Otak dapat melewati berbagai perubahan fisik yang memengaruhi tingkat bahan kimia otak (neurotransmitter) yang ada di dalamnya. Transmiter tersebut merupakan zat-zat yang memengaruhi mood.
•    Turunan genetik. Orangtua Anda atau angota keluarga lain dapat memiliki kemungkinan memiliki bibit bipolar disorder yang diwariskan kepada anda.
•    Pengaruh lingkungan sosial. Para peneliti telah menemukan bahwa mungkin terdapat beberapa faktor sosial yang dapat menyebabkan timbulnya bipolar disorder.
Apa yang meningkatkan risiko gangguan bipolar?
•    Periode stress yang tinggi.
•    Penyalahgunaan alkohol maupaun obat-obatan terlarang.
•    Memiliki anggota keluarga penderita bipolar disorder atau gangguan kondisi mental lain.
•    Mengalami suatu peristiwa kehilangan yang terjadi secara tiba-tiba, seperti kematian orang yang disayang.
Apa saja pilihan pengobatan saya untuk gangguan bipolar?
1. Terapi obat : Dokter Anda dapat menganjurkan resep untuk menstabilkan mood anda. Obat tersebut dapat membantu mengurangi gejala yang Anda alami. Anda mungkin diharuskan untuk mengonsumsi obat yang diresepkan dalam jangka waktu yang lama untuk mencegah suatu episode depresi yang dapat menyebabkan bunuh diri. Obat-obatan yang ada biasanya tediri dari antidepresan, penstabil mood, antipsikotik, dan obat anti stress.
2. Konseling : Anda mungkin akan perlu melakukan konseling untuk membicarakan kondisi Anda dan bagaimana cara melewati episode emosi yang Anda alami. Carilah suatu komunitas yang dapat membantu Anda dengan gangguan ini.
3. Perawatan: penyalahgunaan zat tertentuApabila Anda menderita suatu ketergantungan pada zat tertentu, sangat penting untuk menanggulangi ketergantungan tersebut, karena kondisi tersebut akan menyulitkan Anda dalam meringankan kondisi yang Anda alami.
4. Perawatan rumah sakit : Dalam kasus yang lebih parah, Anda akan diharuskan untuk dirawat di rumah sakit untuk pengawasan berkala. Perawatan tersebut khususnya terjadi apabila Anda mengalami tanda-tandan ingin melakukan bunuh diri. Pada level ini, Anda bisa saja melukai diri Anda sendiri dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *